Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMP Negeri 40 Makassar Digelar di Pelataran Sekolah


MAKASSAR, Deteksiplus.Id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di UPT SPF SMP Negeri 40 Makassar resmi dibuka. MPLS ini dirangkaikan dengan upacara bendera yang diadakan di halaman sekolah dan dihadiri oleh peserta didik baru, panitia yang terdiri dari pengurus OSIS, guru, dan tenaga kependidikan.

Kepala UPT SPF SMP Negeri 40 Makassar, H. Ahmad Lamo, S.Pd., M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya MPLS bagi peserta didik baru. 

"MPLS adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik baru untuk mengenal lingkungan sekolahnya secara komprehensif. Di sekolah ini kita mulai dengan masa pengenalan, dan hari ini dibuka dengan upacara bendera. Dalam upacara ini, saya sampaikan tujuan MPLS secara umum," ujar Ahmad Lamo saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis, (11/07/2024).

Selanjutnya, Ahmad Lamo menjelaskan bahwa teknis pelaksanaan MPLS akan dilanjutkan di kelas-kelas. 

"Dalam upacara, saya memberikan penjelasan mengenai sekolah ini secara keseluruhan. Kami memperkenalkan bahwa UPT SPF SMPN 40 adalah salah satu sekolah Adiwiyata Mandiri di Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar," Ahmad Lamo menambahkan.

Oleh sebab itu, sambung Ahmad Lamo, peserta didik baru harus selalu memperhatikan kebersihan dan lingkungan dalam setiap aktivitasnya.

Upacara pembukaan MPLS juga dimeriahkan dengan aksi dari berbagai ekstrakurikuler yang ada di SMP Negeri 40. 

Peserta didik baru disuguhkan penampilan dari ekskul Pramuka, Paskibra, Karate, serta UKS. Selain itu, remaja masjid juga turut memperkenalkan program-programnya.

H. Ahmad Lamo juga mengungkapkan harapannya terhadap peserta didik baru. Diharapkan agar peserta didik baru ini bisa menjadi individu yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu menjadi manusia yang berakhlak mulia dan cerdas, sesuai dengan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dengan adanya kegiatan MPLS ini,  peserta didik baru dapat lebih mengenal lingkungan sekolahnya dan siap mengikuti proses belajar mengajar di SMP Negeri 40 Makassar.

Laporan: Sabaruddin


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال