SD Inpres Mariso 1 Mengikuti Kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Dalam Rangka Menyambut Tahun Ajaran Baru 2024/2025 

MAKASSAR, Deteksiplus.Id - Workshop selama tiga hari dari tanggal 10 sampai 12 juli 2024 di adakan di Hotel Prima Ratulangi.di ikuti oleh Kepala SD Inpres Mariso 1 beserta tenaga pendidik.

Kegiatan di workshop ini adalah Penyusunan .Kurikulum  Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dan Penyusunan Modul Proyek penguatan Profile Pelajar Pancasila.

Mengenal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Ruang Kolaborasi Mengajar Merdeka Panduan Merancang Perangkat Ajar Panduan Merancang Modul Projek

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya profil pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek. Dengan menjalankan P5, pendidik diharapkan dapat menemani proses pembelajaran peserta didik untuk dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang dijabarkan dalam profil pelajar Pancasila.

Samino, S.P mengatakan projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. 

Dimensi profil pelajar Pancasila menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.

Kegiatan ini dilaksanakan demi mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.

Penyusunan Modul P5 merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Pendidik pada setiap satuan pendidikan nantinya memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul projek yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik.

Laporan: Sabaruddin 

Editor: Rus



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال