SMP Negeri 5 Makassar Peringati HUT Ke 79 Republik Indonesia dengan Hikmat dan Penuh Semangat

Guru dan Staf Tenaga Kependidikan Memakai Baju Adat Khas Sulsel

MAKASSAR, Deteksiplus.Id - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, UPT SMP Negeri 5 Makassar melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dengan khidmat dan penuh semangat nasionalisme. Upacara yang digelar di Aula sekolah ini dihadiri oleh seluruh siswa, guru, staf administrasi, serta beberapa orang tua siswa, Sabtu, (17/08/2024).

Pelaksanaan upacara dimulai tepat pukul 07.30 Wita, diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari siswa-siswa yang tergabung dalam ekskul Paskibra SMP Negeri 5 Makassar. Pengibaran bendera diiringi dengan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang dinyanyikan oleh siswa-siswa ekskul paduan suara.

Kepala SMP Negeri 5 Makassar,  Firman, S.Pd., M.Pd. yang tampil membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia menguraikan bahwa perjuangan menggalakkan gerakan Merdeka Belajar. 

"Kurikulum Merdeka yang tahun ini mulai diimplementasikan sebagai kurikulim nasional memberikan kesempatan lebih besar kepada siswa untuk mengembangkan potensinya. "Gerakan Merdeka Belajar barulah titik awal, masih jauh dari kata sempurna, belum sampai di garis finis dan perjalanan masih sangat jauh," ujarnya.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh guru IPS dan pembacaan doa yang dipimpin oleh guru Pendidikan Agama Islam. Upacara ditutup dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, seperti "Hari Merdeka" dan "Bagimu Negeri", yang membangkitkan semangat patriotisme di kalangan siswa.

Usai upacara, diadakan berbagai perlombaan tradisional yang diikuti dengan antusias oleh para guru, staf maupun para siswa. Lomba-lomba ini bertujuan untuk mempererat persaudaraan dan kebersamaan antara seluruh masyarakat. (Sumber: Humas SMP Negeri 5 Makassar)

Laporan: Sabaruddin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال