Gelar Pameran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SDI Minasa Upa Terapkan Inovasi Sekolah "SABAR"

MAKASSAR, Deteksiplus.Id - UPT SPF SD Inpres Minasa Upa menggelar Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berupa penerapan inovasi sekolah ‘Sampah Buat Aku Rajin’ (SABAR).


Penerapan Inovasi Sekolah ‘SABAR’ ini merupakan kegiatan yang memadukan kreativitas, tanggung jawab lingkungan dan pencapaian akademik.

Hal ini diungkapkan Kepala SD Inpres Minasa Upa, Lis Bulqis, S.Pd, M.Pd, Selasa, (20/08/2024).

Dalam keterangannya, Lis Bulqis mengatakan ini merupakan komitmen sekolah dalam mendidik siswa menjadi agen perubahan yang peduli terhadap keberlanjutan lingkungan.

Dimana dalam pameran P5 kali ini, para siswa memamerkan hasil kerja keras mereka dari bahan daur ulang yang inspiratif dari pengelolaan sampah.

“Kita melihat bagaimana sampah yang sering dianggap tidak berguna, dapat diubah menjadi sesuatu yang bernilai estetis dan edukatif. Momen seperti ini menegaskan bahwa pendidikan di sekolah dasar, tidak hanya tentang nilai akademis, tetapi juga tentang membentuk karakter dan kesadaran sosial,” jelas Lis Bulqis.

Tak hanya itu, Lis telah membuktikan bahwa pendidikan bukan hanya tentang mentransfer pengetahuan, tetapi juga tentang menginspirasi aksi.

“Dalam setiap sampah yang didaur ulang, dalam setiap karya yang dipamerkan, ada harapan akan generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga peduli dan bertanggung jawab. Dan itulah pada akhirnya warisan terbesar yang dapat diberikan sebuah lembaga pendidikan kepada masyarakat,” tutupnya.

Laporan: Sabaruddin

Editor: Rusdi


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال