SD Negeri Labuang Baji II Gelar Kegiatan Gladi Bersih ANBK Tahun 2024

MAKASSAR, Deteksiplus.Id - UPT SPF SD Negeri Labuang Baji II menggelar kegiatan Gladi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diikuti oleh 35 siswa 5 cadangan dari kelas V, Rabu dan Kamis, (16-17/10/2024).

Kegiatan ini bertempat di salah satu ruangan kelas SD Negeri Labuang Baji II Gladi  ANBK ini di laksanakan selama dua hari dengan semangat dan antusiasme tinggi dari para peserta dengan di bimbing oleh guru yang bertugas di gladi ANBK ini.

Gladi bersih i ANBK dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 hingga 09.40, diikuti oleh 35  orang siswa sebagai cadangan. Sesi kedua dimulai pukul 10.40 hingga 12.50 dengan jumlah peserta yang sama. 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan bagi satuan pendidikan dari tingkat dasar sampai tingkat menengah yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) RI. Asesmen ini terdiri atas tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Asesmen Kompetensi Minimum atau biasa kita dengan AKM adalah proses penilaian yang dilakukan untuk mengukur dan memastikan bahwa individu atau kelompok memiliki keterampilan dan pengetahuan minimum yang diperlukan untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu.  

Apa itu Survei Karakter? Survei karakter merupakan salah satu bagian dari Asesmen Nasional (AN). Asesmen Nasional diharapkan dapat merekam sikap, nilai, keyakinan, serta perilaku peserta didik yang dapat memprediksi tindakan dan kinerja di berbagai konteks yang relevan.

Sedangkan Survei Lingkungan Belajar merupakan salah satu instrumen dari program Asesmen Nasional. Survei ini memiliki tujuan untuk memetakan kualitas/mutu pendidikan di tiap-tiap satuan pendidikan agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gladi bersih adalah pelatihan umum yang terakhir kali sebelum pelaksanaan atau pementasan pada acara sesungguhnya. Hal-hal yang dilaksanakan dalam gladi bersih dikemas menyerupai pelaksanaan sesungguhnya.

Gladi bersih ANBK merupakan tahapan lanjutan dari simulasi ANBK. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada penyelenggara tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, sekolah/satuan pendidikan, dan peserta, untuk melakukan uji coba Asesmen Nasional (AN) sebelum pelaksanaan ANBK.

Jadwal Gladi Bersih ANBK 2024

Gladi ANBK terdiri dari beberapa jenis ujian yang bertujuan untuk mengukur berbagai aspek kemampuan siswa, antara lain:

Literasi: Mengukur kemampuan siswa dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai teks tertulis.

Numerasi: Menguji kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan konsep matematika dalam berbagai konteks kehidupan.

Survey Karakter: Mengidentifikasi sikap, perilaku, dan nilai-nilai yang dimiliki siswa sebagai upaya pembentukan karakter.

Survey Lingkungan Belajar: Menilai kualitas dan kondisi lingkungan belajar yang mempengaruhi proses pembelajaran siswa.

Muhtasin, S.Pd.selaku kepala SD Negeri Labuang Baji II mengatakan kegiatan gladi bersih ANBK ini di harapkan dapat mempersiapkan siswa yang lebih baik dalam menghadapi ANBK yang sesungguhnya. Dengan adanya gladi siswa diharapkan lebih familiar dengan format ujian serta dapat mengasah kemampuan mereka sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan.

"Harapan kami, seluruh kegiatan berjalan lancar dengan dukungan penuh dari pihak sekolah, guru, dan siswa. berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai program dan kegiatan yang inovatif dan bermanfaat bagi perkembangan siswa," ucap Muhtasin.

Laporan: Sabaruddin 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال