UPT SPF SD Inpres Perumnas Rappocini Outing Class ke Trans Studio Makassar

MAKASSAR, Deteksiplus.Id - Siswa SD Inpres Perumnas, Rappocini Makassar Outing Class dengan mengunjungi Trans Snow Word (TSW), salah satu wahana di Trans Studio Makassar, Kamis, (10/10/2024). 

Outing Class ini merupakan kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas yang tidak dilakukan di dalam kelas pada umumnya. Outing Class ini merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan dari teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung.

Pada zaman modern seperti saat ini, sudah ada berbagai macam metode pembelajaran baru yang muncul untuk menumbuhkan semangat dan motivasi belajar siswa. Salah satu contohnya saja yaitu metode pembelajaran outing class. 

Tren outing class tersebut dapat diterapkan pada segala jenjang pendidikan, mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA. Lalu, apa sih yang dinamakan kegiatan outing class tersebut? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Outing  class merupakan salah satu metode pembelajaran yang biasa dilakukan oleh para guru yang mana para siswa diajak untuk belajar di luar kelas.

Tren outing class tersebut umumnya rutin dilakukan oleh para guru, contohnya saja saat materi pelajaran selesai dibahas, atau dapat juga diadakan setiap satu semester sekali. Manfaat dari kegiatan outing class bisa memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi para siswa.

Outing sendiri merupakan sebuah akronim dari outbond training. Secara definisi outbond adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang baik itu di dalam (indoor) ataupun di luar (outdoor) dengan melaksanakan beberapa macam simulasi permainan (outbound games). Bahkan untuk outbpound games yang dilakukan tersebut bisa dilakukan secara individu ataupun secara berkelompok dalam rangka refreshing dan mengisi waktu liburan.

Berkat belajar di luar kelas melalui kegiatan outing class membuat siswa akan serasa merasakan sensasi baru dalam kegiatan pembelajarannya. 

Kegiatan outing class menyuguhkan sebuah pengalaman baru bagi siswa untuk belajar berdampingan dengan alam, belajar dengan suatu object secara langsung, belajar langsung dengan ahlinya, bukan hanya sajian materi-materi pelajaran yang ada dalam sebuah buku. 

Selain itu, kegiatan outing class juga bisa membangun rasa percaya diri siswa, meningkatkan keterampilan teamwork dan kebersamaan.

Bersama guru pendamping siswa dari UPT SPF Inpres Perumnas Rappocini outing class ke salah satu wahana di Trans Studio Makassar yakni Trans Snow word. Permainan ini meluncur di Salju buatan di trans Studio, siswa dengan gembira menikmati wahana ini sampai waktu yang di tentukan,inti dari kunjungan ini  bermain dan belajar.

Laporan: Sabaruddin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال